Upacara Bendera Perdana di Masa Pandemi, Mengobati Kerinduan Hati dan Mengukuhkan Budaya Berprestasi

(Senin, 18 Juli 2022) SMA Islam Al Azhar 14 Semarang melaksanakan upacara bendera pertama di masa pandemi Covid-19. Setelah hampir dua setengah tahun pandemi melanda, akhirnya pengibaran bendera Merah Putih dapat diikuti oleh seluruh warga sekolah dengan khidmat di lapangan SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Selama ini, upacara bendera terpaksa tidak dapat dilaksanakan karena pembelajaran harus dilakukan secara daring ataupun hybrid untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Kerinduan warga sekolah akan kegiatan upacara bendera akhirnya terobati seiring naiknya bendera Merah Putih hingga ujung tiang bendera. Iringan medley lagu Indonesia Raya menambah rasa haru dan bahagia dibenak peserta upacara. Kegiatan upacara dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, yaitu dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak. SMA Islam Al Azhar 14 Semarang berkomitmen untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar dapat mendorong pemulihan kesehatan dengan memutus rantai penularan Covid-19.

Pembina upacara perdana di tahun 2022 ini adalah Kepala SMA Islam Al Azhar 14 Semarang, Bapak Arie Hendrawan, S.Pd., M. Sos. Dalam amanatnya, beliau berpesan dan mengimbau murid-murid untuk lebih disiplin dalam menjaga protokol kesehatan serta mematuhi tata tertib sekolah. Selain itu, beliau mengapresiasi dan mengevaluasi pelaksanaan upacara bendera yang sedang berlangsung agar bisa menjadi contoh bagi petugas upacara berikutnya. Beliau juga mengingatkan kembali kepada para murid agar terlibat aktif dalam menumbuhkan budaya berprestasi di sekolah. Sesuai dengan slogan yang diusung SMA Islam Al Azhar 14 Semarang yakni “BERSINAR (Bertakwa, Beradab, Berprestasi, Berwawasan Global, dan Berbasis Riset). Pak Arie menegaskan, sekolah akan memberikan dukungan penuh serta apresiasi bagi murid-murid yang ingin mengembangkan minat bakatnya. Tidak terbatas hanya pada bidang akademik, sekolah juga mengapresiasi prestasi siswa di bidang lainnya, misalnya seperti olahraga, seni, atau budaya.  Selain itu, berbagai harapan juga tersemat, salah satunya adalah harapan kelancaran pelaksanaan PTM pada tahun pelajaran 2022/2023 ini.

Petugas upacara kali ini adalah pengurus OSIS SMA Islam Al Azhar 14 Semarang dengan Adhimas Kurnia Ramadhan dari Kelas XII MIPA 1 sebagai pemimpin upacara. Upacara bendera dapat berlangsung dengan begitu khidmat, berkat kerja sama dari Pembina OSIS, Bapak Tri Adi Nurhadi, S.Pd., beserta pengurus OSIS. Tim kesehatan dari anggota ekstrakurikuler PMR juga disiagakan untuk memantau kesehatan peserta upacara. Upacara bendera kali ini juga menjadi simbol titik awal bagi pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang.

Share ke sosial media

Leave a Comment

Your email address will not be published.