Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), sekolah telah merancang tiga tema projek bagi murid kelas X. Ketiganya adalah Kearifan Lokal (Tema 1), Suara Demokrasi (Tema 2), dan Berakayasa-Berteknologi untuk Membangun NKRI (Tema 3). Dari ketiga proyek tersebut, hingga per tanggal 25 Oktober 2023 SMA Islam Al Azhar 14 sudah selesai melaksanakan tema 1, yakni Kearifan Lokal dengan topik “Pentas Drama Cerita Rakyat Indonesia”.
Dalam melaksanakan kegiatan P5 tema 1, sekolah menggandeng Kelompok Teater Lingkar sebagai praktisi yang memberikan pembekalan awal kepada para murid dan guru pendamping/ fasilitator kelompok. Teater Lingkar adalah sebuah kelompok seni teater yang berkedudukan di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Teater ini dirintis oleh Mas Ton, dan mulai mempertunjukkan karyanya 4 Maret 1980. Total ada tiga kali workshop yang dilaksanakan sekolah dengan tim dari kelompok Teater Lingkar sebagai narasumber.
Gambar Poster Kegiatan Workshop Pentas Drama Cerita Rakyat.
(Sumber: Dokumentasi SMA IA 14, 20 Agustus 2023)
Setelah seluruh murid dan guru mendapatkan workshop tentang pementasan teater dan kearifan lokal, persiapan mulai dilakukan secara mandiri oleh setiap kelas dengan didampingi guru yang berperan sebagai fasilitator. Pengelompokan dibagi per kelas yang masing-masing memiliki dua pendamping. Selama kurang lebih dalam kurun waktu satu bulan, seluruh murid kelas X melaksanakan kegiatan P5. Adapun fasilitator bertugas mendampingi dan melakukan penilaian berbasis kinerja.
Gambar Kegiatan Workshop 3 Pentas Drama Cerita Rakyat.
(Sumber: Dokumentasi SMA IA 14, 25 Agustus 2023)
Gambar Kegiatan Persiapan Pentas Drama Cerita Rakyat.
(Sumber: Dokumentasi SMA IA 14, 9 September 2023)
Selanjutnya, pada tanggal 26 September 2023, gelar karya P5 dilaksanakan di sekolah dengan mengundang pengawas sekolah dan perwakilan dari SMA sekitar serta SMA penggerak yang ada di Kota Semarang. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para wali murid yang ingin memberikan apresiasi kepada putra-putrinya. Kegiatan gelar karya P5 berjalan dengan meriah dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Sekolah @SMAALBAMA14 (Sumber: https://www.youtube.com/live/-SXlw6S0ddU?si=jluvoXvwvm9Bowmk). Dalam kegiatan gelar karya, para murid tidak hanya dituntut untuk bisa mementaskan drama cerita rakyat, tetapi juga dapat memahami pesan-pesan moral di dalam cerita rakyat.
Gambar Poster Kegiatan Gelar Karya Pentas Drama Cerita Rakyat.
(Sumber: Dokumentasi SMA IA 14, 25 September 2023)
Gambar Pelaksanaan Kegiatan Gelar Karya Pentas Drama Cerita Rakyat.
(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 26 September 2023)
Berikutnya, untuk kegiatan P5 tema 2 dengan tema Suara Demokrasi, topik yang diambil oleh sekolah adalah “Suara Generasi Muda untuk Indonesia” dengan mengangkat berbagai isu yang dekat dengan persoalan remaja dan pendidikan, seperti masalah perundungan, intoleransi, kekerasan seksual, dan kesehatan mental. Sama halnya dengan kegiatan P5 tema 1, dalam kegiatan P5 tema 2 ini sekolah juga menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang topik dibahas melalui kegiatan workshop dan seminar. Namun, narasumber pada kegiatan ini tidak hanya berasal dari satu instansi, melainkan dari beberapa instansi sekaligus, yakni dari unsur mahasiswa, akademisi, dan pegawai pemerintahan.
Gambar Poster Kegiatan Workshop Gelar Karya Suara Generasi Muda.
(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 22 September 2023)
Ke depannya, setelah seluruh murid dan guru menyelesaikan workshop dan seminar, murid-murid akan mendapatkan kesempatan untuk memilih beberapa kelas aksi yang disesuaikan dengan minat-bakat dan gaya belajar mereka. Total ada enam kelas aksi yang dibuat secara berdiferensiasi, terdiri atas kelas opini, orasi, musikalisasi puisi, tari modern, podcast, dan poster digital. Dalam kelas aksi tersebut, setiap murid memilih satu persoalan yang diangkat untuk dikampanyekan, sehingga harapannya dapat menginspirasi generasi muda lain dan masyarakat luas. Di samping itu, juga bisa menumbuhkan semangat untuk berani menyatakan pendapat dan kepekaan terhadap permasalahan-permasalahan di sekitarnya.