Perencanaan Berbasis Data

Perencanaan berbasis data menjadi salah satu intervensi yang diberikan kepada satuan pendidikan pelaksana program sekolah penggerak. Perencanaan berbasis data dapat diwujudkan melalui program manajemen berbasis sekolah di mana sekolah membuat perencanaan berdasarkan refleksi sekolah. Bahan refleksi diri sekolah berasal dari hasil rapor pendidikan sekolah yang berisi potret kondisi mutu pendidikan. Setelah melakukan refleksi diri, sekolah membuat perencanaan program perbaikan.

Pada konteks ini, SMA Islam Al Azhar 14 melakukan kegiatan Identifikasi, Refleksi, dan Benahi (IRB) dengan mengundang berbagai stakeholders, yaitu guru, tenaga kependidikan, dan perwakilan orang tua. Hasil dari kegiatan IRB kemudian diuraikan dalam lembar kerja ARKAS, sehingga perencanaan dalam BOS dapat sesuai dengan kebutuhan sekolah, sebab berbasis pada bukti, bukan asumsi.

 

Gambar Lembar Kerja ARKAS dari Proses IRB Hasil Rapor Pendidikan.

(Sumber: Dokumentasi Pribadi, 1 September 2023)