Peringatan 1 Muharram 1444 H : Momentum Perkuat Persaudaraan dan Kepedulian

Assalamu’alaikum wr. wb.

Bismillahirrahmanirrahim. 

Keluarga Besar SMA Islam Al Azhar 14 Semarang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H. May Allah Almighty shower his blessings on the Muslim Ummah all over the world, and hopefully Islam will increasingly give the light of civilization in the midst of the world community. (Semoga Allah SWT memberikan berkahnya pada Umat Muslim di seluruh dunia, dan semoga Islam semakin memberi cahaya peradaban di tengah  masyarakat dunia) 

Tahun baru islam memiliki makna yang penuh arti dan merupakan suatu hari yang penting bagi umat muslim. Tahun baru islam 1 Muharram menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Kota Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah tersebut menjadi awal mula perhitungan tahun dalam Islam yang disepakati para sahabat Rasul pada masa kekhalifahan Umar Bin Khattab RA, tepatnya 6 tahun usai Rasulullah SAW wafat. Ini berarti 1 Muharram menjadi tanda berawalnya tahun baru Islam, tahun hijriyah. 

Sebagai bentuk sukacita menyambut pergantian tahun islam, SMA Islam Al Azhar pada hari Senin (1/08/2022) mengadakan kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H. Kegiatan didahului dengan pembiasaan pagi yang berupa shalat dhuha, ikrar, dan tadarus oleh semua murid dan guru Smalza 14. Rangkaian acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H dipandu oleh Ananda Muhammad Syauqi Satrio Wibowo dan Rahma Aisya Ananda. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al Quran, dan sambutan dari Bapak Arie Hendrawan, S.Pd., M.Si selaku Kepala SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. 

Dalam sambutannya, beliau berpesan untuk meneladani peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Kota Madinah. Beliau menganalogikan bahwa murid-murid baru kelas X adalah para muhajirin, sang pendatang, sang imigran. Sedangkan murid-murid kelas XI dan XII merupakan kaum Anshar, yang lebih dahulu menetap di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Kepada murid-murid kelas X, Bapak Arie berpesan untuk menghormati kakak kelasnya, sedangkan kepada murid-murid kelas XI dan XII, beliau berpesan untuk merangkul dan menyayangi adik kelasnya. Beliau menutup sambutan dengan berpesan untuk melanggengkan budaya pertemanan yang sehat, humanis, tidak ada konflik, dan perpecahan, serta jauh dari senioritas. 

Acara yang berlangsung di Lapangan Futsal SMA Islam Al Azhar 14 Semarang ini turut diisi oleh penampilan Ananda Alia Khairunnisa’ yang membawakan lagu “Alhamdulillah – Opick” dan “Ya Maulana – Sabyan”. Selanjutnya acara inti diisi dengan siraman rohani oleh Ustadz Komari, M.Si., guru Bahasa Arab SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Dalam tausiyahnya beliau membahas tentang sistem penanggalan Hijriyah yang didasarkan pada perhitungan revolusi bulan atau peredaran bulan mengelilingi bumi. Kalender hijriyah yang juga dikenal dengan nama tahun komariah berjumlah 354 hari pada tahun biasa, dan berjumlah 355 hari pada tahun kabisat. Hal ini mengindikasikan bahwa sistem penanggalan hijriyah lebih pendek 11-12 hari per tahun. Hal tersebut berdampak pada hari-hari besar islam yang selalu bergeser lebih awal 11 hari pada tahun hijriyah biasa dan bergeser 12 hari pada tahun kabisat. Lebih lanjut, beliau juga mengungkapkan bahwa Allah SWT telah memilih Bulan Muharram sebagai salah satu dari 4 bulan mulia mulia (asyhurul hurum). Bulan-bulan mulia lainnya yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Keempat bulan ini memiliki keutamaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh delapan bulan lainnya, dimana pada bulan-bulan ini dilimpahkan begitu banyak keberkahan, kemudahan mendulang pahala, dan sebagainya. Ustadz Komari berharap pada bulan Muharram ini, murid-murid SMA Islam Al Azhar 14 Semarang mampu meningkatkan kualitas ketakwaannya dan menjadi pemuda pemudi hijrah menuju kehidupan dan amal yang lebih baik. Serta melalui kegiatan ini dapat menjadikan momentum untuk memperkuat persaudaraan dan meningkatkan kepedulian pada sesama. Acara kemudian ditutup dengan doa oleh Ustadz Komari.

Demikianlah artikel tentang serangkaian acara Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H SMA Islam Al Azhar 14 Semarang. Melalui peringatan pergantian tahun baru Islam ini semoga semakin menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, serta menjadikan kita manusia yang lebih baik dan bermanfaat untuk umat manusia. 

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Link Dokumentasi Kegiatan : https://photos.app.goo.gl/B6uAppC8mV79zBuF8

Share ke sosial media

Leave a Comment

Your email address will not be published.