Penerapan Pendekatan Pembelajaran STEM Sebagai Salah Satu Upaya Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang

 

STEM merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Pendekatan pembelajaran STEM mengintregasikan keempat komponen tersebut dengan berfokus pada kemampuan pemecahan masalah yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut (Mahanal, 2022) kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting bagi siswa untuk belajar karena membantu mereka untuk membentuk cara berpikir, mengintrepetasikan masalah, mengumpulkan informasi, menentukan solusi yang mungkin, menilai suatu kemungkinan, dan mengusulkan solusi.

Pendekatan pembelajaran STEM saat ini sudah diterapkan pada SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang. Sebagai Kepala Sekolah, Bapak Arie Hendrawan S.Pd, M.Sos memastikan proses pembelajaran di SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang terlaksana dengan baik.

Pendekatan pembelajaran STEM memiliki tujuan untuk memberikan siswa kebiasaan bekerjasama dan fokus pada kemampuan menyelesaikan masalah di dunia nyata. Selain itu, pendekatan pembelajaran STEM juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam bernalar, berpikir kritis, logis, dan sistematis, sehingga individu mampu menghadapi berbagai tantangan dan persaingan dunia global.

Berdasarkan penelitian yang saya lakukan, hasil kualitas rata-rata tingkat pembelajaran STEM pada siswa kelas XI SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang pada jurusan IPA mata pelajaran Matematika adalah sebesar 78,44%. Sedangkan hasil kualitas rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang mereka miliki adalah sebesar 80,6%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran STEM di SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang sudah cukup baik, dan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa sudah baik.

Korelasi antara pendekatan pembelajaran STEM dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang menunjukkan korelasi yang positif, kuat, dan signifikan.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang berhasil dalam menerapkan pembelajaran STEM sebagai salah satu upaya mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa. Terbukti dengan beberapa siswa SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang yang mampu lolos di beberapa Perguruan Tinggi baik dalam dan luar negeri, serta mampu berpartisipasi dan bersaing dalam Olimpiade atau kejuaraan lainnya.

Qhoifa Fawziah Aulia Keysha – Mahasiswa Kurikulum & Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Diterbitkan juga pada:

https://jurnalpost.com/read/penerapan-pendekatan-pembelajaran-stem-sebagai-salah-satu-upaya-pengembangan-kemampuan-pemecahan-masalah-siswa-sma-islam-al-azhar-14-semarang/786/

 

 

 

 

 

 

Share ke sosial media

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *