Festival Film Albama : Pembelajaran Berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

Bismillah

Assalamu’alaikum wr. wb.

Dilansir dari laman tekno.tempo.co, mulai tahun 2022 hingga 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan tiga opsi kurikulum yang dapat diterapkan satuan pendidikan dalam pembelajaran yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum prototipe. Kurikulum darurat merupakan penyederhanaan dari kurikulum 2013 yang mulai diterapkan pada tahun 2020 saat pandemi Covid-19. Sedangkan kurikulum prototipe merupakan kurikulum berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. 

Kepala SMA Islam Al Azhar 14 Semarang, Bapak Arie Hendrawan, S.Pd., M.Si mengungkapkan, bahwa untuk merespon learning loss yang terjadi akibat pembelajaran jarak jauh (PJJ) dua tahun terakhir, serta untuk beradaptasi dengan kurikulum merdeka, maka SMA Islam Al Azhar 14 Semarang menerapkan kurikulum 2013 dengan corak kurikulum merdeka yang menekankan pada pembelajaran berbasis proyek. Sekolah merealisasikan kebijakan tersebut dengan mencanangkan program Festival Film Albama sebagai bentuk pembelajaran berbasis proyeknya. Program yang hanya dikhususkan untuk murid kelas X dan XI ini  mengusung topik film dokumenter untuk murid kelas X dan film fiksi untuk murid kelas XI. 

 

Tema film yang diusung sebagai bentuk Penguatan Proyek Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka melalui Festival Film ini antara lain : a) Gaya Hidup Berkelanjutan, b) Kearifan Lokal, c) Bhineka Tunggal Ika, d) Bangunlah Jiwa dan Raganya, e) Suara Demokrasi, f) Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, dan g) Kewirausahaan.

Program yang berlangsung setiap hari jumat di semester 1 tahun ajaran 2022/2023 ini secara umum terbagi dalam beberapa sesi seperti Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Pada sesi pra produksi murid-murid diajak untuk menonton, menelaah, dan menganalisis sebuah film. Selain itu, murid-murid juga dibekali ilmu melalui workshop dengan mengundang narasumber ahli yakni seorang film maker, Bapak Aji Kusuma Admaja dan seorang sinematografer, Bapak Argo Mukiono. Pada sesi produksi, murid didampingi guru pendamping mulai merancang konsep dan ide, serta shooting atau pengambilan gambar. Pada sesi pasca produksi, murid melakukan editing, pembuatan poster, dan gelar promosi karya.  

Di akhir program kegiatan, produk film tiap kelompok murid akan diputar di puncak acara festival film Albama pada tanggal 13-14 Desember 2022. Rangkaian jadwal kegiatan dan panduan Festival Film Albama secara terperinci dan lengkap dapat dilihat di https://sma-alazhar14.sch.id/2022/08/04/pembagian-kelompok-dan-guru-pendamping-festival-film-2022/ 

Beberapa potret keseruan dan antusiasme murid-murid SMA Islam Al Azhar 14 Semarang dalam mengikuti kegiatan Festival Film terabadikan di:

Link Dokumentasi Kegiatan 

Demikianlah artikel tentang Festival Film Albama. Apabila murid-murid ingin bertanya lebih lanjut terkait teknis dan pelaksanaan kegiatan dapat menghubungi Ibu Shikah Amna, S.Pd, Bapak Fajar Sumiyarso, S.Pd., dan Bapak Ahmad Yusuf, S.Pd.,Gr selaku penanggungjawab program. 

Terimakasih. 

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Share ke sosial media

Leave a Comment

Your email address will not be published.